Hiu Punya Alat Pelacak Jejak


Para pemburu tangguh umumnya pandai melacak jejak. Mulai dari yang memiliki keahlian membaca jejak sang buruan, mengandalkan kepekaan hidung, bahkan ada pula yang dianugerahi pendengaran ‘super’. Nah, bagaimana dengan ikan hiu, yang terkenal sebagai pemburu paling andal di lautan?

Baru-baru ini sebuah penelitian dibuat tercengang dengan penemuan mengejutkan yang mengungkap bagaimana cara hiu melacak calon mangsanya. “Selama ini kami menganggap hiu membaui darah (dengan hidungnya) untuk mencari mahkluk yang terluka di lautan. Tapi, ternyata kami salah,” ujar Dr. R. Douglas Fields, ketua Nervous System Development and Plasticity Section, US National Institutes of Health.

Menurut penelitian tersebut, hiu memiliki sebuah cairan mirip lendir dalam kepala mereka yang berguna untuk mencari sinyal listrik di sekitarnya. “Darah mahkluk yang terluka di lautan menghasilkan medan listrik tinggi. Nah, listrik itulah yang ditangkap oleh cairan tersebut,” ujar Fields.

Menurut Fields, proses yang disebut electroreception ini juga menjelaskan mengapa hiu seringkali hanya mengejar mangsa yang telah terluka (berdarah). Sedangkan saat itu, ada banyak mahluk lain (yang bisa dijadikan mangsa) di sekitarnya. (abc/bambang)

Comments :

0 komentar to “Hiu Punya Alat Pelacak Jejak”

Posting Komentar

Rating by outbrain