Manusia Hampir Cemari Seluruh Lautan

Sejak dahulu, manusia dikenal sebagai spesies penjelajah. Tak ada satu wilayah pun di peta bumi yang luput dari campur tangan manusia. Bahkan nyaris seluruh lautan. Masalahnya, penjelajahan manusia kerap kali diikuti adanya pencemaran dan perusakan lingkungan.

Gambaran itu nampak jelas dalam peta pencemaran laut dunia, hasil studi para peneliti, yang ditunjukan awal Februari 2008 lalu. “Lautan memang sangat luas. Tapi bila Anda memperhatikan (peta ini), tampak begitu banyak wilayah laut yang telah tercemar,” jelas Ben Halpern, ketua tim peneliti dari Universitas California, Santa Barbara, Amerika Serikat.

Lewat penelitian tersebut, para peneliti mencoba menunjukan pada dunia bahwa telah begitu banyak kerusakan ekosistem laut yang disebabkan ulah manusia. Di antaranya adalah pencemaran akibat limbah, illegal fishing, dan global warming.

Wilayah yang paling banyak terkena dampak tersebut antara lain, laut di sekitar pantai utara Eropa, Laut Cina Selatan, dan Laut Cina Timur. “Saat ini, dampak pencemaran terhadap ekosistem laut telah mencapai 40%,” ujar Halpern yang rencananya akan mempublikasikan hasil penelitian tersebut ke khalayak umum. (bbc/bambang)

Comments :

0 komentar to “Manusia Hampir Cemari Seluruh Lautan”

Posting Komentar

Rating by outbrain