Bahasa Tubuh Kepiting Fiddler

DALAM kehidupan cinta, manusia kerap menggunakan bahasa tubuh guna menarik lawan jenisnya. Di dunia hewan, cara yang sama ternyata ampuh digunakan. Salah satunya terjadi pada kepiting fiddler.

Martin How, peneliti dari Universitas Nasional Australia mengungkap temuan tersebut usai meneliti hewan bercapit itu di Bowling Green Bay, North Queensland. Menurutnya, kepiting fiddler jantan menggunakan bahasa tubuh untuk menggoda si betina.

Fiddler jantan biasanya melambaikan capitnya ketika ia melihat kehadiran fiddler betina dari jarak tertentu. “Seperti halnya dalam dunia manusia, bahasa tubuh lebih efektif digunakan ketika dua orang terpaut jarak. Rupanya, itu pun berlaku bagi kepiting-kepiting ini,” jelas How.

Menariknya, lambaian capit si jantan menjadi lebih lembut ketika si betina merespon panggilan itu dan mendekat. “Dalam dunia mereka, mungkin inilah yang disebut ‘gayung bersambut’,” kelakar How yang dalam penelitiannya bekerjasama dengan Australian Research Council Centre of Excellence in Vision Science. (abc/bambang)

Comments :

0 komentar to “Bahasa Tubuh Kepiting Fiddler”

Posting Komentar

Rating by outbrain