Baryonyx Nenek Moyang Buaya?


HATI-hati! Wajah bisa menipu. Ungkapan ini mungkin cocok disematkan pada dinosaurus asal Inggris, Baryonyx walkeri. Bukan apa-apa, meskipun memiliki wajah pemangsa daging, dinosaurus satu ini ternyata pemakan ikan.

Teori ini muncul ketika para ilmuwan selesai meneliti fosil kerangka kepala Baryonyx. Ternyata hewan ini memiliki bentuk kerangka kepala yang nyaris sama dengan milik buaya pemakan ikan yang hidup saat ini. Meskipun begitu, keduanya memiliki perbedaan struktur. Baryonyx bermoncong sempit, sedangkan buaya pemakan ikan memiliki moncong datar.

Meskipun berbeda struktur, Dr Emily Rayfield dari Universitas Bristol, Inggris, mengatakan kalau tulang tengkorak kedua hewan memiliki fungsi sama.“Baryonyx dan buaya pemakan ikan sama-sama memiliki rahang yang panjang dengan bentuk gigi mengerucut. Itu membuktikan kalau sumber makanan keduanya sama, yaitu ikan,” tambah Rayfield.

Baryonyx diyakini pernah hidup di daerah hangat dengan banyak rawa-rawa, dan diduga sebagai nenek moyang buaya pemakan ikan. Namun, Dr Angela Milner dari Museum Natural History, London, menyatakan kalau tengkorak kepala kedua hewan ini berevolusi dengan cara berbeda. “Terlalu dini untuk mengatakan bahwa hewan ini nenek moyang buaya pemakan ikan. Evolusi struktur tengkorak yang berbeda adalah pertimbangan khusus,” ujar Milner.(bbc/bambang)

Comments :

0 komentar to “Baryonyx Nenek Moyang Buaya?”

Posting Komentar

Rating by outbrain