Kepiting Predator Invasi Antartika


Pemanasan global masih belum terhentikan. Tak tanggung-tanggung, dampaknya kali ini sebuah invasi siap mengancam satu tempat di belahan bumi, yaitu Antartika. Pelakunya adalah sekumpulan kepiting predator!

Pernyataan mengejutkan itu dikeluarkan oleh pihak Laboratorium Dauphin Island Sea di Pulau Dauphin, Alabama. Menurut Richard Aronson, salah satu ilmuwan laboratorium, invasi itu didorong oleh meningkatnya suhu perairan di Antartika akibat pemanasan global.

“Para kepiting yang sebelumnya hidup di luar perairan Antartika mulai menyadari kalau suhu di Antarika menjadi lebih hangat. Bisa dipastikan tak lama lagi mereka akan menyerbu wilayah ini,” ujar Aronson yang juga menyatakan, bahwa pihak laboratorium telah membicarakan pencegahan untuk invasi ini dengan American Association for the Advancement of Science, Boston.

Inti kekhawatiran mereka adalah akan terjadinya ketidakseimbangan ekosistem yang melanda perairan Antartika. “Jika itu terjadi, kami meramalkan udang, cacing, dan bintang laut sebagai spesies asli Antartika akan menjadi korban pertama,” imbuh Aronson.

Para ilmuwan percaya, invasi kepiting hanyalah awal. Bila tidak segera dicegah, ketika suhu perairan Antartika terus meningkat, bukan tidak mungkin para hiu dari luar perairan pun akan datang. Hasilnya, Antartika akan dipenuhi predator mematikan yang memangkas habis penghuni lokal. (nationalgeographic/bambang)

Comments :

0 komentar to “Kepiting Predator Invasi Antartika”

Posting Komentar

Rating by outbrain