Parrotfish vs Rumput Laut


Mendengar nama Karibia, tentunya yang terbayang pertama kali adalah para bajak laut ganas dan menakutkan. Tapi itu cerita lalu. Kini, Karibia lebih terkenal sebagai salah satu wilayah dengan pesona alam bawah air yang menakjubkan.

Walaupun begitu, keindahan bawah air Karibia bukannya tanpa masalah. Saat ini, terumbu karang tempat berkumpul dan berlindung sebagian besar ikan terancam punah. Kali ini penyebabnya bukan manusia, melainkan sekumpulan rumput laut.

Bila rumput laut di sekitar terumbu karang laut Karibia semakin membanjir, diramalkan risiko rusaknya terumbu karang akan sulit terselamatkan. Selain overfishing, pertumbuhan rumput laut meningkat akibat sisa pupuk yang terbawa dari area pertanian penduduk sekitar pantai.

“Hampir semua terumbu karang lebat oleh rumput laut. Kalau dibiarkan, terumbu karang tidak akan lagi menjadi tempat berlindung bagi ikan dan hewan lainnya, “ ujar Professor Peter Mumby, seorang ahli ekologi dari Universitas Exeter.

Satu-satunya harapan ada pada parrotfish, sejenis ikan yang hidup di sekitar terumbu karang. “Kehadiran parrotfish dapat menyeimbangkan jumlah rumput laut pada terumbu karang,” imbuh Mumby.

Sayangnya, jumlah parrotfish sendiri semakin berkurang akibat overfishing. Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah sepakat menggalakan pengembangbiakan ikan tersebut untuk menjaga populasinya. (bbc/bambang s)

Comments :

0 komentar to “Parrotfish vs Rumput Laut”

Posting Komentar

Rating by outbrain