Pemanasan Global Untungkan Greenland


Isu pemanasan global (Global Warming) memang sudah bukan barang baru lagi bagi masyarakat dunia. Namun dibalik ketidakberuntungan beberapa pihak akibat dampak pemanasan global , ternyata ada wilayah yang justru diuntungkan. Wilayah tersebut adalah Greenland, yang tak lain masih merupakan bagian dari Denmark.

Iklim yang berubah menjadi hangat akibat pemanasan global telah memberikan pengaruh positif bagi perkembangan ekonomi di Greenland. Penelitian menyebutkan akibat pemanasan global, suhu di wilayah itu naik hingga dua kali lebih cepat dibanding wilayah lain di dunia. Akibatnya, mencairnya lapisan es yang ada Greenland membuka kesempatan meningkatnya sektor pertanian, peternakan, kelautan, pertambangan, bahkan eksplorasi minyak.

Di barat-daya Greenland misalnya, produktivitas pertanian dan peternakan meningkat setiap tahunnya. Sedangkan bagi para nelayan, wilayah utara menjadi tempat istimewa untuk mencari ikan. “Selain jumlahnya melimpah, ukuran ikan pun relatif bertambah besar,” ujar seorang nelayan.

Hasil tambang bahkan tak diragukan lagi. Permintaan akan intan, emas, dan barang tambang lainnya meningkat tajam seiring terbukanya akses ke daerah pertambangan baru. Dan di sepanjang garis pantai, penjelajahan untuk menemukan sumber minyak pun gencar dilakukan. (bbc/bambang s)

Comments :

0 komentar to “Pemanasan Global Untungkan Greenland”

Posting Komentar

Rating by outbrain