Atlantis Sudah Ditemukan?


Kisah Atlantis, kota mengagumkan yang digambarkan Plato ribuan tahun silam, selalu menarik diperbincangkan. Tak ada satu pun wilayah yang lokasinya lebih diperdebatan daripada keberadaan Atlantis.

Satu teori menyatakan Atlantis terletak di Yunani dan tenggelam ke dasar laut akibat letusan gunung berapi. Teori lain menyatakan sebuah daerah di pesisir Eropa adalah bagian Atlantis yang selamat dari banjir yang menenggelamkan kota itu.

Plato sendiri, dalam teorinya, menggambarkan Atlantis terletak di lepas pantai Afrika barat laut sebelum akhirnya tenggelam 12.000 tahun yang lalu akibat banjir besar.

Mengacu pada lokasi yang disebutkan Plato, pada tahun 2001, ahli geologi dari Universitas Aix en Provence, Perancis, Jacques Collina-Girard menyatakan sebuah pulau bernama Spartel, tidak jauh dari barat laut Afrika adalah Atlantis. Sayangnya, Spartel yang tenggelam secara periodik mulai 20.000 tahun yang lalu karena mencairnya zaman es tidak sesuai dengan gambaran tenggelamnya Atlantis menurut Plato.

Dukungan akhirnya muncul dari Marc-Andrè Gutscher, ahli geologi kelautan dari Universitas Brest, Perancis, yang melalui penelitiannya menyatakan bahwa Spartel memang selalu dihantam gempa bumi dan tsunami per 2000 tahun. Selain itu, 14.000 tahun lalu Spartel pernah diluluhlantakan gempa bumi sebesar 9 magnitude. Sebuah kurun waktu yang hampir sesuai dengan perhitungan Plato pada saat tenggelamnya Atlantis.

Saat ini, Gutscher mengaku tinggal mencari bukti sisa-sisa peninggalan masyarakat yang pernah tinggal di Spartel untuk menegaskan kalau pulau tersebut memang pernah berpenghuni. Bila sudah, apa itu artinya Spartel bisa diakui sebagai Atlantis? (science /bambang s)

Comments :

1
Anonim mengatakan...
on 

alhamdulillah saya mendukung karena saya suka ilmu pengetahuan dan bagi yang bilang atlantis sebagai dongeng itu sangat salah karena itu ciptaan allah tapi soal keberadaannya hanya allah lah yang tau.

Posting Komentar

Rating by outbrain