Listrik Percepat Pemulihan Terumbu Karang


Sudah bukan rahasia lagi bila keelokan alam Pulau Bali kerap mengundang decak kagum masyarakat internasional. Kiranya, alasan itu pulalah yang menarik perhatian mereka untuk ambil bagian dalam melestarikan keindahan Pulau Dewata tersebut.

Salah satunya adalah Bio Rock. Proyek pelestarian lingkungan hidup yang digalang Thomas Goreau itu mulai menyusuri beberapa pantai di barat daya Bali sejak 18 Januari 2004. Tujuannya tidak lain ingin mengembalikan kelestarian terumbu karang di wilayah Pemuteran, yang terlanjur rusak akibat dampak pemanasan global dan penangkapan ikan dengan menggunakan bom.

Mengandalkan hasil desain Wolf Hilbertz, terumbu karang diletakan pada sebuah perangkat besi yang dililiti beberapa kabel listrik. Kabel-kabel tersebut akan mengirimkan gelombang listrik tegangan rendah pada terumbu karang. “Dengan cara ini, pemulihan terumbu karang dapat lebih cepat,” ujar Hilbertz.

Hingga tahun 2007, cara tersebut telah sukses diterapkan di 20 negara yang mengalami masalah terumbu karang yang sama. (bbc/bambang s)

Comments :

0 komentar to “Listrik Percepat Pemulihan Terumbu Karang”

Posting Komentar

Rating by outbrain