Lele Raksasa Ditangkap Akhir Tahun


Sebuah temuan akhirnya mengakhiri masa paceklik Megafish Project di Kamboja. Temuan luar biasa itu tak lain seekor ikan lele raksasa.

Zeb Hogan, sang pemimpin proyek mengaku ini adalah kali pertama tim-nya berhasil menangkap lele raksasa tersebut sepanjang tahun 2007.

Saat ditangkap, lele raksasa penghuni Sungai Mekong itu memiliki panjang 2, 4 meter, dengan berat 204 kilogram. “Saat ini, populasi lele raksasa semakin menurun. Sejak tahun 2000, lima sampai sepuluh ikan mati setiap tahunnya karena kecelakaan,” ujar Hogan, yang juga ahli biologi di Universitas Reno, Nevada, Amerika Serikat.

Hogan melepaskan kembali ikan itu ke sungai setelah mengumpulkan data-data yang diperlukan. Menurutnya, Megafish Project yang didanai oleh National Geographic Conservation Trust and Expeditions Council memang bertujuan untuk mengumpulkan data-data ikan air tawar yang berukuran raksasa. “Lewat proyek ini, sedapat mungkin kami ingin mencegah kepunahan mahluk-mahluk air luar biasa ini,” tambahnya. (nationalgeographic/bambang s)

Comments :

0 komentar to “Lele Raksasa Ditangkap Akhir Tahun”

Posting Komentar

Rating by outbrain