Fosil Cakar Kutu Raksasa Ditemukan


Kutu umumnya dikenal sebagai serangga kecil. Namun siapa sangka kalau nenek moyang mereka adalah hewan raksasa, yang ukuran tubuhnya melebihi manusia dewasa.

Pernyataan itu dibuat bukannya tak beralasan. Sebuah fosil cakar yang ditemukan di Jerman, November 2007 lalu memperkuat dugaan tersebut.

Berdasarkan fosil cakar yang berukuran 46 centimeter, para ilmuwan mengindikasikan ukuran tubuh sang pemilik sekitar 2, 5 meter. Bila benar, maka kemungkinan besar sang pemilik cakar merupakan kutu terbesar yang pernah hidup di bumi.

Tak butuh penelitian berlarut-larut, para ilmuwan segera menetapkan sang pemilik cakar adalah arthropod. Asal tahu, arthropod adalah kalajengking laut yang merupakan predator buas di zamannya.

Pada 390 juta tahun lalu, arthropod tidak hanya dikenal sebagai pemburu ikan yang handal. Tapi, mereka pun kanibal bagi sesamanya. Tak ragu, para ilmuwan menempatkannya pada posisi puncak di rantai makanan.

Saat ini, keturunan langsung arthropod dapat ditemukan pada sosok lobster dan kepiting laba-laba. Tak heran, dua hewan tersebut memang menuruni sifat kanibal nenek moyangnya. (nationalgeographic/bambang s)

Comments :

1
Cha Syncent mengatakan...
on 

maph kk...
ini bukn-a fosil si Pterygotus?

Posting Komentar

Rating by outbrain