Catfish Saingi Salmon


Salmon ternyata bukan satu-satunya spesies ikan yang memiliki siklus hidup bermigrasi, alias suka berpindah tempat. Di China selatan, ada spesies ikan lainnya yang memiliki siklus serupa. Ikan tersebut adalah catfish. Para ahli menyebutnya sebagai saingan salmon.

Setiap tahunnya, catfish mampu melakukan penjelajahan lebih dari 1000 km dari China selatan hingga ke sungai Mekong, Laos. “Migrasi yang dilakukan ikan ini sama persis dengan yang biasa dilakukan salmon” ujar Zeb Hogan, seorang ahli perikanan yang selama ini mempelajari kehidupan salmon.

Para peneliti kelautan dan perikanan sepakat bahwa siklus hidup kedua ikan tersebut sangat mirip. Baik salmon maupun catfish mengawali hidupnya di lautan, sebelum akhirnya bermigrasi sejauh ratusan kilometer hingga ke sungai-sungai.

Fakta ini dianggap sebagai salah satu temuan baru di bidang kelautan dan perikanan, karena dapat mengubah cara pandang masyarakat terhadap catfish. “Selama ini masyarakat tak pernah berpikir kalau catfish mampu melakukan migrasi hingga sejauh itu“ jelas Hogan. (nationalgeographic/bambang s)

Comments :

0 komentar to “Catfish Saingi Salmon”

Posting Komentar

Rating by outbrain