Hiu Ternyata Sepupu Jauh Manusia


Pernahkah sekali saja terbersit di benak Anda, kalau selama ini ternyata Anda memiliki saudara jauh seekor hiu predator yang ganas? Bila Anda menganggap ini hanyalah lelucon dari sebuah buku fiksi murahan, maka Anda salah besar.

Baru-baru ini, para ilmuwan di Institute of Molecular and Cell Biology, Singapura menemukan satu spesies hiu yang memiliki DNA yang hampir identik dengan manusia. Spesies tersebut adalah hiu gajah. Hal ini kemudian memunculkan teori kalau kira-kira 450 juta tahun lalu, hiu dan manusia memiliki hubungan saudara.

Para ilmuwan menyatakan bahwa hiu gajah memiliki genom yang sangat mirip dengan genom manusia dibandingkan dengan hewan lainnya. Pernyataan para ilmuwan tersebut merupakan hasil analisa setelah membandingkan genom hiu gajah, ikan puffer, ayam, tikus, dan anjing.

Sebelumnya, para ilmuwan telah mengidentifikasi sedikitnya 154 gen dalam tubuh manusia yang memiliki kesamaan dengan tikus, anjing dan hiu gajah. Kesamaan antara manusia, tikus, dan anjing tersebut dianggap wajar karena ketiganya merupakan mamalia. Tapi, hiu dikenal sebagai jenis ikan yang sama sekali tidak memiliki ciri-ciri fisik yang mengacu pada mamalia.

“Ini merupakan penemuan yang menakjubkan. Secara genetik, banyak hal yang mendekatkan kami (hiu gajah dan manusia) dalam pohon evolusi. Salah satunya adalah teleost (tulang kerangka) yang nyaris sama.” Jelas Professor Byrappa Venkatesh, ketua investigasi dari Institute of Molecular and Cell Biology tersebut. (abc/bambang s)

Comments :

0 komentar to “Hiu Ternyata Sepupu Jauh Manusia”

Posting Komentar

Rating by outbrain