Kapak Beliung Polinesia


Sebuah temuan berhasil membuktikan kalau pada jaman dulu bangsa Polinesia adalah para pelaut tangguh. Tapi bukannya sebuah perahu, bukti itu adalah kapak beliung.

Cerita berawal dari 19 kapak beliung yang pernah ditemukan di beberapa pulau di kepulauan Tuamotu, sekitar 1600 km sebelah tenggara Tahiti atau tepatnya di wilayah Polinesia timur. Beberapa peneliti dari Australia penasaran dan mulai meneliti kapak-kapak tersebut. Rasa penasaran mereka timbul karena kapak-kapak yang ditemukan pertama kali di awal tahun 1900 itu ternyata memiliki bahan asli yang bukan berasal dari wilayah setempat.

Setelah melalui penelitian panjang, akhirnya para peneliti berhasil menemukan kalau bahan asli kapak adalah batu basal. Penelitian pun berlanjut pada penemuan bahwa batu basal merupakan batuan vulkanik yang hanya terdapat di pulau Kaho'olawe, sebuah pulau yang jaraknya 4000 km dari kepulauan Hawaii.

Hal inilah yang memunculkan teori, kalau bangsa Polinesia merupakan bangsa pelaut yang kerap mengarungi lautan hingga ribuan kilometer untuk mengksplorasi wilayah baru dan membuka jalur perdagangan. (abc/bambang s)

Comments :

0 komentar to “Kapak Beliung Polinesia”

Posting Komentar

Rating by outbrain