Kapal Viking Ditemukan di Inggris


Siapa tak kenal bangsa Viking. Para pelaut dari utara yang tak gentar mengarungi lautan dan tak mundur berperang dengan bangsa manapun. Bahkan dengan bangsa Inggris! Tak percaya?

Awal September 2007 lalu, sebuah temuan menakjubkan membuktikan bahwa bangsa Viking memang pernah berkunjung ke Inggris. Sebuah kapal kuno yang diperkirakan berusia seribu tahun ditemukan di bawah area parkir sebuah pub di Merseyside.

Kapal tersebut ditemukan para arkeolog Universitas Nottingham dengan menggunakan sistim pemantau bawah tanah (GPR). Sistim ini menggunakan radar khusus yang dapat mendeteksi material berusia ribuan tahun yang tertimbun di dalam tanah. Profesor Stephen Harding, salah satu arkeolog yang terlibat dalam penemuan dan penelitian mengungkapkan bahwa kapal itu merupakan salah satu penemuan paling bersejarah di Inggris.

Ketika pertama kali ditemukan, kapal terbenam sekitar tiga meter di bawah permukaan tanah. Bahkan, belum diketahui secara pasti bentuknya. Namun menurut Harding, kapal temuannya itu memiliki desain Nordic. Asal tahu, Nordic adalah jenis kapal yang biasa digunakan bangsa Viking untuk menjelajahi samudra.

Temuan tersebut semakin menguatkan teori, bahwa banyak wilayah di Inggris yang pernah disinggahi oleh bangsa Viking. Sebelumnya, tepat 20 Juli 2007, sejumlah orang di Yorkshire menemukan sejumlah peninggalan bangsa Viking berupa gelang emas, cawan perak, dan ratusan koin perak. (bbc/bambang s)

Comments :

0 komentar to “Kapal Viking Ditemukan di Inggris”

Posting Komentar

Rating by outbrain