Spesies Baru dari Laut Celebes


Asia Tenggara sekali lagi membuktikan kalau kekayaan satwa laut yang dimiliki tak ada habisnya. Pengakuan itu kembali didapat dengan ditemukannya beberapa spesies baru di wilayah Laut Celebes, yang terletak diantara Malaysia dan Filipina.

Selain ikan berahang persegi berjuluk boxfish dalam gambar di atas, para ilmuwan juga menemukan beberapa spesies jenis baru. Para ilmuwan berpendapat kalau keberadaan Laut Celebes yang merupakan lautan dalam, terpencil, dan dingin membuatnya menjadi salah satu wilayah laut yang memiliki keanekaragaman satwa laut di dunia.

Pemimpin ekspedisi, Larry Madin mengungkapkan kalau beberapa hewan merupakan spesies yang telah bertahan hidup hingga jutaan tahun. “Artinya, Laut Celebes kemungkinan besar adalah salah satu pusat spesies satwa laut yang kini hidup dan berkembang di seluruh dunia,” tambahnya.

Ekspedisi yang memakan waktu hingga dua minggu itu didanai oleh Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI), Dewan Ekspedisi National Geographic Society, Konservasi Internasional, the National Oceanic and Atmospheric Administration, dan pemerintah Filipina. (nationalgeographic/bambang s)

Comments :

0 komentar to “Spesies Baru dari Laut Celebes”

Posting Komentar

Rating by outbrain