Predator dari Ujung Dunia


Bila Anda menebak gambar di samping berasal dari salah satu film science fiction produksi Holywood, maka Anda salah besar. Percaya atau tidak, pemilik wajah seram tersebut benar-benar ada dan hidup.

Sebanyak 31 orang peneliti yang tergabung dalam tim peneliti internasional menemukan ikan itu saat tengah menyusuri pegunungan Mid-Atlantik, sebuah pegunungan bawah air yang berjajar dari Iceland hingga Pulau Azores, sebelah barat Portugal.

Para peneliti sepakat memberi nama Viperfish pada ikan berwajah seram tersebut. Mereka percaya, Viperfish adalah salah satu predator laut yang hidup di sudut dunia yang tergolong tepencil tersebut.

Selain Viperfish, mereka juga menemukan beberapa spesies aneh lainnya di wilayah yang sama. Spesies tersebut antara lain beberapa cacing laut jenis baru, karang laut dengan berbagai macam warna, ketimun laut yang belum pernah ditemukan sebelumnya, serta ikan-ikan aneh lainnya. Bahkan diantara spesies tersebut, ada beberapa yang merupakan temuan baru dalam dunia ilmu pengetahuan.

Penemuan spesies aneh lainnya memunculkan teori yang menjelaskan kelangsungan hidup Viperfish dipengaruhi oleh adanya spesies-spesies itu. “Adanya spesies lain di sekitar Viperfish menjelaskan mengapa ikan ini dapat bertahan hidup di wilayah itu. Dalam hal ini Viperfish adalah predatornya dan mereka (spesies lain) adalah makanannya...” jelas salah seorang peneliti. (nationalgeographic/bambang s)

Comments :

0 komentar to “Predator dari Ujung Dunia”

Posting Komentar

Rating by outbrain