Surga Mungil Bagi Ikan dan Burung


Kini ikan dan burung di seluruh dunia dapat bersorak gembira. Syaratnya, mereka hanya perlu tinggal di antara Pulau Hawaii dan Fiji. Lho?

Tapi, Anda akan kecele setengah mati bila menganggap ‘promosi’ ini hanya isapan jempol belaka. Faktanya, di antara dua pulau tersebut memang terhampar sebuah surga mungil bernama Phoenix Islands Protected Area (PIPA) yang diperuntukkan bagi ikan dan burung.

Terletak di wilayah negara pulau Kiribati, PIPA merupakan zona cagar alam hayati laut terbesar ketiga di dunia yang telah berdiri sejak dua tahun lalu. PIPA memiliki keanekaragaman hayati laut yang sangat unik, alami, dan belum banyak tersentuh tangan manusia.

Menteri Lingkungan Hidup Kiribati, Tetapo Nakara menjelaskan, keberadaan PIPA sebagai cagar alam hayati laut terbesar ketiga di dunia diharapkan mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Kiribati. “Bahkan, kami punya cita-cita menjadikan PIPA sebagai cagar alam hayati laut terbesar di dunia,” imbuhnya.

Tapi, pernyataan tersebut bukannya tak beralasan. Saat ini saja, visi menjadikan PIPA sebagai cagar alam hayati laut terbesar di dunia sudah mulai diwujudkan. Pihak Kiribati siap mengucurkan dana untuk melakukan perluasan wilayah hingga dua kalinya. ”Akhir tahun ini, kami mengharapkan total luas wilayah 425.300 kilometer persegi akan segera terwujud,” ujar Nakara. (abc/bambang)

Comments :

0 komentar to “Surga Mungil Bagi Ikan dan Burung”

Posting Komentar

Rating by outbrain