Bintang Besar di Laut Biru


Menyaksikan bintang di langit mungkin sudah biasa. Melihat bintang jatuh pun bukan hal aneh lagi. Tapi kalau sampai menemukan bintang laut raksasa, pastinya itu luar biasa.

Sadie Mills (kiri) mengakui dirinya memang sempat ketakutan saat pertama kali berjumpa dengan bintang laut terbesar di dunia. ”Benar. Saya sama terkejutnya dengan Anda ketika pertama kali melihat bintang laut sebesar ini,” ujarnya sambil menunjukkan hewan yang memiliki panjang 60 cm itu, 15 Februari 2008 lalu.

Pernyataan Mills sedikit berbeda dengan rekannya, Niki Davey (kanan) yang mengaku benar-benar beruntung menjadi salah satu orang yang pertama menemukan hewan tersebut.”Ini adalah penemuan penting dalam sejarah kelautan dunia. Tentunya saya sangat senang telah mengambil bagian dalam hal ini,” jelasnya.

Baik Mills maupun Davey adalah sukarelawan yang tergabung dalam kegiatan yang digalang oleh National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWAR), Selandia Baru. Sepanjang Februari hingga Maret 2008, mereka dan sukarelawan lainnya secara aktif melakukan sensus keanekaragaman hayati laut di Antartika.

Kegiatan yang dilakukan untuk mendukung program International Polar Year and Census of Antarctic Marine Life itu berakhir pada 26 Maret 2008. Dengan total waktu 35 hari, para sukarelawan telah berhasil melakukan sensus pada 30.000 hewan laut di wilayah itu. Selain tentunya menemukan bintang laut raksasa untuk pertama kali. (abc/bambang)

Comments :

0 komentar to “Bintang Besar di Laut Biru”

Posting Komentar

Rating by outbrain