Tsunami Ancam AS

Usai meluluhlantakan kawasan Asia Tenggara, tsunami kembali mengancam. Kali ini sasarannya adalah negara-negara di sekitar Samudra Pasifik, termasuk Amerika Serikat (AS).

Hal itu dinyatakan oleh para ilmuwan dunia yang sepakat bahwa tsunami lebih ebrpotensi terjadi di Samudar Pasifik dibandingkan di Samudra Hindia. Menurut mereka, Samudra Pasifik lebih banyak memiliki subduction zone, yaitu daerah yang menghasilkan gempa bumi paling kuat dan mampu menimbulkan tsunami.

Para ilmuwan mengatakan, ancaman terbesar diperkirakan terjadi di AS atau tepatnya di wilayah-wilayah yang dekat dengan subduction zone di zona Cascadia yang cakupannya mencapai California Utara. Mereka juga memperkirakan bahwa gempa bumi berkekuatan 9.0 skala richter (SR) sewaktu-waktu bisa menghantam pantai-pantai yang berada di wilayah Cascadia subduction zone dan menimbulkan tsunami setinggi 5 meter.

Bahkan, tsunami tersebut bisa jadi akan menyerang perairan Jepang 10-20 jam setelah tsunami pertama terjadi. Pernyataan itu bukan tidak beralasan. Sebab, gempa bumi berkekuatan besar punya potensi tsunami yang efeknya meluas.

Sebenarnya sejak 1997, status dan otoritas lokal di daerah Pasifik barat laut memang telah dinyatakan sebagai daerah rawan tsunami. Bahkan beberapa daerah di wilayah itu telah memiliki sistem peringatan dini berteknologi tinggi yang sewaktu-waktusiap mengirim tanda-tanda tsunami.

Sebelumnya, AS pernah dilanda tsunami pada 1946. Saat itu, gempa Aleutian yang terjadi di Alaska menghasilkan tsunami yang menyerang Hawaii. Sejak peristiwa tersebut atau tepatnya tahun 1964, AS telah menciptakan tsunami monitoring sistem yang dikendalikan oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA).

Saat ini, AS memiliki enam buah deep ocean monitor yang ditempatkan di pulau Aleutian, Alaska. Cara kerja alat tersebut adalah membaca dan merekam perubahan cuaca untuk mempelajari pola gempa bumi yang mampu membangkitkan tsunam. Rekaman data-data dari alat tersebut kemudian dikirim melalui jaringan satelit cuaca milik NOAA. (nationalgeographic/bambang s)

Comments :

0 komentar to “Tsunami Ancam AS”

Posting Komentar

Rating by outbrain