Fosil Penguin Purba Ditemukan


Penguin, spesies burung pemburu ikan yang handal, dengan corak badan hitam-putih ternyata dulunya pernah memiliki tubuh setinggi manusia. Sebuah fosil tengorak penguin yang ditemukan di gurun Atacama, Peru mengungkapkan fakta mengejutkan tersebut.

Ukuran fosil tengkorak yang tidak lazim dengan umumnya penguin biasa itu mengindikasikan kemungkinan bahwa pada 30 juta tahun yang lalu, spesies burung tersebut pernah menjelajahi gurun Atacama dengan ukuran tinggi sama dengan manusia dewasa.

Pernyataan itu dikeluarkan setelah fosil yang diberi nama Icadyptes salasi tersebut dibandingkan dnegan satu-satunya penguin modern yang tinggal di Peru, yaitu Spheniscus humboldti.

Para ilmuwan dari National Study of Science menggambarkan penguin tersebut memiliki tinggi badan 1,5 meter dengan panjang paruh 0,3 meter. Paruh yang tidak proporsional dengan tinggi badan itu diyakini berkaitan erat dengan cara penguin berburu ikan dengan cara menombak. “Tentunya 30 juta tahun yang lalu, ikan-ikan yang menjadi makanan para penguin itu pun memiliki ukuran tubuh yang cukup besar” ujar salah seorang ilmuwan menambahi.(nationalgeographic/bambang s)

Comments :

0 komentar to “Fosil Penguin Purba Ditemukan”

Posting Komentar

Rating by outbrain