kapal Selam Berbentuk Ikan Hiu

Bila para sutradara Hollywood banyak terinspirasi kisah komik dalam pembuatan film-film mereka, maka bukan tidak mungkin bila komik jugalah yang menginspirasi seorang Fabian Cousteau untuk menciptakan sebuah kapal selam.

Troy, demikian nama kapal selam ciptaan Cousteau itu memang terinspirasi dari salah satu komik Tintin berjudul Harta Karun Rakham Merah. Di salah satu komik karangan Herge tersebut, Tintin bersama anjingnya, Snowy diceritakan mengarungi lautan dengan menggunakan kapal selam berbentuk ikan hiu. “Aku membaca komik itu saat usia tujuh tahun dan sejak itu hal tersebut menjadi sebuah impian besar bagiku untuk mewujudkannya,” ujar Cousteau.

Proyek pembuatan Troy sendiri bertujuan sebagai salah satu sarana untuk mempelajari kehidupan hiu putih. Cousteau yakin, spesies hiu putih yang mampu bertahan sejak 400 juta tahun yang lalu sangat menarik untuk dipelajari. Menurutnya, mahluk yang mampu bertahan selama kurun waktu tersebut adalah spesies yang cerdas dan tangguh.

Memang, dana yang dikeluarkan untuk proyek itu tidaklah sedikit, yatu sekitar US$ 100.000. Meskipun begitu, Cousteau mengaku sangat puas degan hasilnya. “Selama ini manusia mempelajari hiu dengan cara duduk di sebuah sangkar dan membujuk predator itu dengan umpan agar mereka mendekat untuk kemudian dipelajari. Hal itu merupakan tindakan yang tidak wajar,” tukasnya.

Uji coba Troy pn dinilai cukup berhasil, saat ikan hiu melihat Troy, mereka merasa tidak terganggu dan tetap berlaku alami. Walaupun ada beberapa yang bertindak agresif, namun tidak sampai ada yang menyerang Troy.

George Lauder, profesor evolusi biologi dan organisme, Universitas Harvard di Cambridge, Massachusetts memuji gagasan Cousteau dalam penciptaan Troy. “Penciptaan Troy adalah sebuah gagasan cerdas untuk mengamati kehidupan hiu lebih dekat,” ujarnya.

Troy dirancang agar dapat bergerak fleksibel sehingga mampu menjelajahi samudra layaknya seekor ikan hiu. Sayangnya, kapal selam yang memiliki ukuran 4, 3 meter itu baru mampu dirancang untuk menampung satu orang penumpang saja.

Penumpang yang sekaligus bertindak sebagai pengemudi akan berbaring telungkup dengan siku sebagai penopang saat mengamati. Selain itu, penumpang Troy pun dilengkapi dengan pakaian selam lengkap dengan tabung oksigen untuk berjaga-jaga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cousteau berharap kisah Troy tidak akan berhenti sampai di sini saja. Menurutnya, para ilmuwan yang meneliti kehidupan hiu bisa memanfaatkan Troy untuk melanjutkan pengembangan penelitian mereka. (nationalgeographic/bambang s)

Comments :

0 komentar to “kapal Selam Berbentuk Ikan Hiu”

Posting Komentar

Rating by outbrain