Paus Pernah Hidup di Padang Pasir

Mesir mungkin bukan tempat pertama dalam daftar bila Anda ingin mencari seekor ikan paus. Namun, tahukah Anda bahwa padang pasir Wadi hitan yang berada di Mesir, dulunya adalah sebuah laut dengan bermacam-macam biota laut?

Seorang ahli geologi bernama Philip D. Gingerich dibanu beberapa anggota tim ekspedisinya membuktikan hal tersebut. Setelah melalui sebuah penggalian yang cukup lama, sebuah fosil Basilosaurus isis dengan panjang 18 meter ditemukan di tengah-tengah padang pasir tersebut.

Basilosaurus merupakan nenek moyang ikan paus yang memiliki bentuk menyerupai ular laut raksasa. Diperkirakan pula bahwa gigi-gigi Basilosaurus yang tajam dan pendek kerap emmangsa ikan hiu dan hewan laut lainnya saat itu.

Berbeda dengan paus sekarang, Basilosaurus tidak memiliki blow hole (lubang di kepala yang digunakan untuk bernafas). Jadi, mamalia laut tersebut harus menaikan kepalanya ke atas permukaan air untuk bernafas. Meskipun begitu, hewan ini memiliki kaki yang merupakan warisan dari nenek moyangnya yang pernah hidup di darat.

Fosil Basilosaurus yag rencananya dikirim ke Michigan, Amerika Serikat untuk diteliti itu diperkirakan telah beruur 40 juta tahun. Menurut Gingerich, pengiriman itu hanya untuk penelitian. Selanjutnya fosil yang memiliki kerangka lengkap tersebut akan dikembalikan ke museum di Mesir. (nationalgeographic/bambang s)

Comments :

0 komentar to “Paus Pernah Hidup di Padang Pasir”

Posting Komentar

Rating by outbrain